Sabtu, 08 April 2023

Banyak Manfaat Outbound yang Bisa Kita Dapatkan

Terkait Manfaat Outbound, Apakah anda tahu singkatan dari outbound itu sendiri? jika belum tahu singkatan  dari Outbound adalah Outside of Boundaries. Dan jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti menembus batas.

Apa bila Outbound didefinisikan per kata akan menjadi out atau bisa di artikan keluar dan bound yang bisa berarti ikatan. Oleh karena itu jika kata Out Bound disatukan menjadi keluar menuju ke alam bebas dan saling mempunyai ikatan baik dengan alam bebas serta saling punya keterikatan, dengan alam maupun rekan dalam satu tim atau satu instansi perusahaan.

Manfaat Outbound

 Permainan outbound merupakan salah satu permainan yang efektif karena menggabungkan berbagai macam aspek, mulai dari aspek fisik, aspek mental juga intelegensi. Permainan outbound ini sering kali berada di taman wisata yang bernuansa alam. Permainan outbound itu sendiri sebenarnya bukan hanya digunakan untuk anak-anak saja, tetapi juga ada yang khusus orang dewasa. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang tujuan permainan outbound dan juga jenis-jenisnya. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya agar kamu lebih mudah dalam memilih permainan outbound ketika pergi berwisata.

Outbound sebagai Sarana Pengembangan Diri yang Baik 

Bagi setiap instansi Manfaat Outbound yang melakukan kegiatan outbound pastinya memiliki tujuan masing-masing. Pada umumnya tujuan outbound sebagai terapi bagi peserta yang tidak punya kemampuan banyak bicara, minder, dan kurang percaya diri. Outbound sendiri selalu mengedepankan permainan-permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya. Biasanya pola permainan yang diadakan melibatkan kerja sama antar team ataupun masing-masing individu itu sendiri guna melatih pikiran dan aktivitas fisik yang memiliki nilai positif.

Biasanya, permainan outbound bertujuan untuk mengembangkan keberanian, kepercayaan diri serta kekompakan. Hal ini dikarenakan hampir semua permainan outbound dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota tertentu. Selain itu, permainan outbound lebih sering dilakukan di luar ruangan. Meski begitu, sebagian orang kemudian memainkannya di dalam ruangan ataupun indoor karena suatu alasan tertentu.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan outbound atau kegiatan di luar ruangan. Salah satunya kita dapat menghirup udara segar yang jarang kita temukan di perkotaan. Apa lagi kita mengadakan kegiatan outbound di pedesaan, alam bebas, pegunungan, persawahan, dan tempat tempat wisata alam lainnya. Pastinya kita akan mendapatkan ketenangan dan keseruan.

Apakah perusahaan anda sudah pernah mengadakan kegiatan Outbound di alam sebelumnya? jika sudah pernah saya jamin pasti anda ingin perusahaan anda mengadakan lagi kegiatan tersebut. Dan untuk yang perusahaannya belum pernah mengadakan kegiatan Outbound Anda bisa mengajukan ke atasan Anda untuk mengadakan kegiatan seperti ini dan sampaikan manfaat yang akan saya berikan ke Anda sebagai bahan pertimbangan untuk pengajuan ke atasan Anda.


Berbagai Manfaat Outbound Terbaik

Tidak bisa di pungkiri bahwa outbound adalah pilihan tepat bagi semua kalangan dalam pengembangan diri yang fun dan menarik serta menyenangkan. Sedangkan tujuan penerapan metode outbound dalam pembelajaran ini sendiri adalah membentuk kelompok dalam permainan yang bisa memberikan peserta sebuah pengalaman baru.

Manfaat dari kegiatan di alam terbuka (outbound) diantaranya :

1. Komunikasi efektif (effective communication)
2. Pengembangan tim (team building)
3. Pemecahan Masalah (problem solving)
4. Kepercayaan Diri (Self confidence)
5. Kepemimpinan (Leadership)
6. Kerja sama(Sinergi)
7. Permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games)
8. Konsentrasi/ fokus (concentration)
9. Kejujuran/sportivitas (CP)

Selain itu juga bermanfaat untuk:

1. Dapat Mengasah Problem Solved (Pemecahan Masalah)

Seringkali di dalam pekerjaan kita, kita di hadapkan dalam suatu permasalahan. Akan tetapi kita terkadang kurang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut. Oleh sebab itu masalah yang kita hadapi bisa jadi semakin besar dan panjang.

Lalu apa kaitanya dengan Outbound Training?

Di dalam permainan Outbond Training pikiran anda akan diminta untuk memecahkan setiap tantangan(masalah) dengan cara yang terbaik. Oleh sebab itu, dapat membuat pikiran kita terbiasa dan dapat dengan mudah memecahkan suatu permasalahan.

 
2. Melatih Kemampuan Analisis

Saat berada di dunia kerja para pekerja tentu saja dibutuhkan kemampuan analisisnya yang baik. Jadi dengan adanya Outbond Training ini bisa menjadi media untuk melatih pikiran kita agar cepat dan tepat dalam mengambil sebuah keputusan dalam dunia kerja.

 
3. Menumbuhkan Kebersamaan Tim


Tentu saja, dengan adanya Outbound Training ini akan menumbuhkan rasa kebersamaan sesama tim dan juga akan menghindarkan para pekerja dari persaingan yang tidak sehat.

 
4. Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Dari kegiatan Outbound Training ini juga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan pekerja dalam mengatasi suatu rintangan dan juga memperlihatkan jiwa kepemimpinan dalam diri beberapa pekerja.

 
5. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

 Sudah bisa dipastikan Outbound Training akan memupuk rasa tanggung jawab para pekerja untuk menyelesaikan masalah dan juga tugas-tugas yang harus dikerjakan.

 
6. Melatih Kebugaran Jasmani

Poin terakhir ini sangat penting dari poin-poin di atas, dengan adanya kegiatan outbound training selain untuk melatih kemampuan analisis, jiwa kepemimpinan, dsb dari para pekerja, tentu saja akan melatih kesehatan dan kebugaran jasmani dari para pekerja.


Reservasi:

Jogja Outbound

Office: Jln Perumnas no.40
Seturan, Caturtunggal, Sleman
Yogyakarta

Contact:
0274 2800121 (office hour)

Marketing

0812 2880 7474  (telp & WA)

0821-1346-7472 (telp & WA)

jogjaoutbound@gmail.com

untuk pengguna mobile phone dapat langsung chat wa dengan klik gambar berikut

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281228807474text=Siang%20Jogja%20Outbound%20

 
Design by Jogja Outbound Admin #outboundSELALU
Outbound Jogja